ANALISIS COMPUTATIONAL FLUID DYNAMIC (CFD) DALAM PERANCANGAN TURBIN ARUS LAUT SUMBU VERTIKAL (VERTICAL AXIS OCEAN CURRENT TURBINE, VAOCT)

ABSTRACT: Indonesia di masa mendatang akan menghadapi krisis energi konvensional dalam hal kaitannya dengan peningkatan kapasitas kebutuhan, pasokan yang terus menurun, harga tinggi dan  permasalahan lingkungan yang ditimbulkan. Potensi energi laut Indonesia yang belum banyak dimanfaatkan dapat menjadi salah satu sumber energi alternatif yang bersih, dapat diandalkan dan terbarukan.  Untuk dapat memanen energi yang dihasilkan dari arus laut tersebut, Pusat Pengkajian dan Perekayasaan Teknologi Kelautan dan Perikanan (P3TKP)-BalitbangKP merancang dan mengembangkan twin series vertical turbin tipe drag release yang diharapkan dapat berputar pada putaran rendah. Studi lanjutan tentang bentuk blade-nozzle-guide vane serta kombinasi diantara ketiganya menjadi fokus utama agar dapat menghasilkan target output sebesar 10 kW.
KEYWORDS: turbin seri kembar, Pembangkit Listrik Tenaga Arus Laut (PLTAL), Computational Fluid Dynamic (CFD), gaya seret dan torsi
Penulis: R. Bambang Adhitya Nugraha, Nico Prayogo, Muljowidodo Kartidjo, Sapto Nugroho
Kode Jurnal: jpperikanandd130665

Artikel Terkait :