MODEL KERJASAMA KELOMPOK PEMBUDIDAYA IKAN (POKDAKAN) PADA PEMASARAN AGRIBISNIS IKAN GURAMI DI KABUPATEN BANYUMAS

Abstract: Kelompok Pembudidaya Ikan (POKDAKAN) Ulam Sari di Desa Kalikidang Kecamatan Sokaraja Kabupaten Banyumas bertujuan untuk meningkatkan bargaining position bagi pembudidaya ikan gurami yang memiliki kekurangan modal khususnya pada bagian pemasaran. Pemasaran dilakukan secara kolektif dan lebih profesional untuk menghindari berbagai permasalahan.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pola kerjasama antara POKDAKAN dengan pembudidaya ikan gurami dalam bidang pemasaran yang dijabarkan melalui analisis deskriptif. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus melalui wawancara dengan pembudidaya gurami anggota POKDAKAN dan pengurus POKDAKAN.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa melalui kerjasama antara POKDAKAN dan pembudidaya ikan diperoleh keuntungan 1) pembudidaya ikan gurami memperoleh ketersediaan faktor produksi seperti kolam, bibit, pakan dan SDM pengawasan; 2) POKDAKAN memperoleh ketersediaan ikan gurami konsumsi untuk dipasarkan dan keuntungan sebesar 15% dari hasil penjualan, 3) calon pembeli memperoleh barang (ikan gurami) dengan akses mudah (one spot service) dan memperoleh kualitas dan kuantitas yang diinginkan serta terjaganya kontinuitas pemasaran.
Kata Kunci: POKDAKAN, ikan gurami, pemasaran, kerjasama
Penulis: Yusuf Enril Fathurrohman
Kode Jurnal: jppertaniandd160918

Artikel Terkait :