Rancang Bangun Alat Pengukur Konsentrasi Gas Karbon Monoksida(CO) Menggunakan Sensor Gas MQ-135 Berbasis Mikrokontroller Dengan Komunikasi Serial USART

Abstrak: Karbon monoksida (CO) merupakan salah satu zat polusi udara yang bersifat racun dan dihasilkan dari sektor transportasi dan industri. Sensor gas MQ-135 memiliki kepekaan yang relatif tinggi, low cost dan relatif lebih tahan lama dapat digunakan sebagai alternatif dalam pengukuran polusi udara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat rancang bangun alat pengukur konsentrasi gas Karbon Monoksida (CO) menggunakan  sensor gas MQ-135 berbasis Mikrokontroler dengan komunikasi serial USART dan untuk mengetahui output pengukuran berdasarkan regresi jika dibandingkan dengan alat ukur standar ECOM J2KN.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah membuat hasil rancangan alat rancang bangun alat pengukur konsentrasi gas karbon monoksida (CO) dengan mikrokontroler ATMega32, sensor gas MQ-135, IC MAX 232, serta konektor DB9. Sumber tegangan yang digunakan  18 V kemudian difilter oleh LM7805 menjadi 5 V untuk tegangan referensi ADC mikrokontroler. Sedangkan tampilan hasil pengukuran ditampilkan dengan menggunakan LCD dan Interface pada Laptop dengan program visual basic 6.0 . Analisis data digunakan uji regresi. Penelitian dilakukan menggunakan bahan penghasil asap yang bersumber dari kertas yang dibakar kemudian diukur kadar CO-nya dan dikalibrasi menggunakan , ECOM J2KN.
Dari hasil penelitian dan berdasarkan hasil uji regresi diperoleh koefisien determinasi (R2) sebesar 0,949.  Hal ini berarti bahwa terdapat faktor yang mempengaruhi hasil konsentrasi gas CO selain resistansi sensor sebesar 5,1%. Faktor tersebut antara lain suhu gas, kelembaban gas, dan tekanan gas.  Komunikasi serial yang dipakai adalah jenis serial USART dengan mode Asynchronous data dengan baud rate 9600.
Kata Kunci: Sensor gas MQ-135, Mikrokontroler,   komunikasi serial USART
Penulis: ELLY INDAHWATI
Kode Jurnal: jptlisetrodd120217

Artikel Terkait :