Penjadwalan Optimal Operasi Unit-Unit Pembangkit untuk Memenuhi Kebutuhan Beban Ditinjau dari Pemakaian Bahan Bakar (Studi Kasus Pembangkit Listrik Tenaga Diesel Kefamenanu, Timor Tengah Utara)

Abstract: Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) merupakan salah satu jenis pembangkit yang menggunakan bahan bakar minyak (solar) untuk menghasilkan tenaga listrik. Mengingat harga bahan bakar yang mahal, maka perlu dilakukan penjadwalan operasi dari unit-unit pembangkit pada pusat pembangkit sehingga disamping menghasilkan tenaga listrik yang berkualitas sesuai dengan kebutuhan juga pemakaian bahan bakar bisa lebih optimal. Penjadwalan optimal operasi unit-unit pembangkit dapat dilakukan dengan memilih kombinasi operasi dari unit-unit pembangkit tersebut yang menghasilkan daya tertentu dan pemakaian bahan bakar paling sedikit yang lebih dahulu diprioritaskan untuk beroperasi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji optimalisasi pemakaian bahan bakar pada PLTD Kefamenanu. Dengan menghitung Incremental Rate dari unit-unit pembangkit yang ada dengan menggunakan metode aljabar, dapat diketahui kombinasi optimal operasi dari unit-unit pembangkit dan berapa besarnya pemakaian bahan bakar dari kombinasi operasi unit-unit pembangkit tersebut.
Keywords: Optimal Scheduling, Unit Generators, Fuel Consumptions
Penulis: Agusthinus S. Sampeallo
Kode Jurnal: jptlisetrodd120211

Artikel Terkait :