Pengendalian Stewart Platform untuk Flight Simulator Berbasis Arduino
Abstract: Permainan merupakan
salah satu bentuk hiburan yang dapat memenuhi kebutuhan manusia saat mengalami
kejenuhan. Teknologi yang berkembang menyebabkan semakin banyak console
permainan yang memungkinkan pengguna untuk merasakan suasana yang ada di dalam
permainan dengan menggunakan motion simulator, salah satunya adalah arcade game
yang menggunakan aktuator mekanik yang bernama Stewart Platform.
Desain dari Stewart Platform ini dikhususkan untuk flight simulator
dengan menggunakan Arduino sebagai otak dari sistem, remote control sebagai input
dan pneumatik digunakan sebagai aktuator pada platform ini. Pemrograman pada
Arduino dibuat dengan menggunakan training data dengan metode neural network
sebagai acuan.
Hasil dari pengujian menunjukkan bahwa aktuator akan bergerak mirip
secara visual dengan gerakan pesawat pada permainan apabila hanya menggunakan
throttle sebesar 70- 80% dengan range dari aileron dan elevation pada kisaran
40-60. Aktuator hanya dapat bergerak hingga mencapai kemiringan 40°, namun pada
sistem ini kemiringan dibatasi mulai dari -30° hingga 30°, dengan nilai error
mekanis sebesar 7,85%.
Penulis: Eduardus Benyamin,
Handry Khoswanto, Felix Pasila
Kode Jurnal: jptlisetrodd160314