PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KOPERATIF DENGAN METODE PENDEKATAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION, INTELLECTUALLY) PADA STANDAR KOMPETENSI MEMPERBAIKI PERALATAN RUMAH TANGGA LISTRIK

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran yang layak digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa di SMK Raden Patah Mojokerto. Peningkatan prestasi belajar siswa erat kaitannya dengan aktivitas belajar di dalam kelas maupun di luar kelas. Dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif dan metode pembelajaran yang lebih meningkatkan aktivitas belajar siswa seperti metode SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually) yang berdasar pada konsep BBA (Belajar Berdasarkan Aktivitas) memanfaatkan semua indra dalam belajar diharapkan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.
Penelitian yang dilaksanakan menggunakan metode Penelitian dan Pengembangan atau Research and Development (R&D), subyek penelitian ini adalah siswa kelas X TITL 2 SMK Raden Patah Mojokerto. Sedangkan instrumen yang digunakan adalah lembar validasi perangkat pembelajaran, lembar validasi buku ajar, lembar validasi butir soal evaluasi, lembar pengamatan aktifitas siswa dan tes hasil belajar. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan dinyatakan dalam persentase.
Hasil validasi menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran kooperatif dengan metode pendekatan SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually) termasuk dalam kategori sangat valid dengan rata-rata hasil rating validasi mencapai 89,3%. Hasil pengamatan keterlaksanaan pembelajaran termasuk dalam kategori sangat baik dengan hasil rating 82,64%. Kemudian, hasil uji coba terbatas menunjukkan hasil belajar siswa dibandingkan Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) berdasarkan prentase ketuntasan hasil belajar klasikal mencapai 100% dengan rata-rata 80. Hasil pengamatan aktivitas siswa termasuk dalam kategori baik dengan presentase 72,8%.
Berdasarkan hasil uji coba terbatas yang telah dilaksanakan, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan metode pendekatan SAVI pada standar kompetensi memperbaiki peralatan rumah tangga listrik dinyatakan layak digunakan.
Kata Kunci: Kooperatif, Somatic, auditory, visualization, intellectually
Penulis: DWI AGUS SAYFUDIN
Kode Jurnal: jptlisetrodd160468

Artikel Terkait :