PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE LEARNING TOGETHER PADA STANDAR KOMPETENSI MENGGAMBAR TEKNIK ELEKTRONIKA MENGGUNAKAN KOMPUTER KELAS X SMK NEGERI 2 LAMONGAN

Abstract: Tujuan dari penelitian ini adalah membuat perangkat pembelajaran yang layak dengan model pembelajaran kooperatif tipe learning together pada standar kompetensi menggambar teknik elektronika dengan mengacu pada indikator kelayakan yaitu kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan perangkat pembelajaran yang dikembangkan.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan Research and Development (R&D), dengan subyek penelitian pada penelitian ini adalah siswa kelas X TEI 1 SMK Negeri 2 Lamongan. Pada penelitian ini rancangan ujicoba yang digunakan adalah one-shot case study design.
Hasil penelitian ini yaitu perangkat pembelajaran yang berkategori valid. Hasil belajar ranah afektif berada pada kategori baik, ketuntasan klasikal hasil belajar ranah kognitif sebesar 100%, dan ketuntasan klasikal hasil belajar ranah psikomotor sebesar 100%. Lebih lanjut keterlaksanaan perangkat pembelajaran berkategori baik dengan persentase 99,03%, respon siswa terhadap pembelajaran adalah baik dengan persentase 86,21%, serta respon guru terhadap perangkat pembelajaran adalah baik dengan persentase sebesar 87,50%.
Kata Kunci: pengembangan perangkat, model pembelajaran kooperatif tipe learning together, kelayakan
Penulis: Berlian Maretya Maretya Rizantina, Munoto
Kode Jurnal: jptlisetrodd160484

Artikel Terkait :