PENGEMBANGAN MODUL TRAINER FUNDAMENTAL AND INSTALLATION TRAINER PADA MATA PELAJARAN MENGOPERASIKAN SISTEM PENGENDALI ELEKTROMAGNETIK (MSPE) DI SMK NEGERI 1 DRIYOREJO GRESIK

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul trainer fundamental and installation trainer yang layak digunakan untuk pembelajaran pada mata pelajaran mengoperasikan sistem pengendali elektromagnetik di SMK Negeri 1 Driyorejo Gresik. Kelayakan modul mengacu pada 3 (tiga) aspek, antara lain: validitas, kepraktisan, dan keefektifan. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI TITL 2 sebanyak 32 orang pada semester ganjil tahun ajaran 2016/2017.
Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D). Metode ini digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan produk tersebut. Dalam penelitian ini dimodifikasi menjadi 6 (enam) tahapan yaitu: (1) studi pendahuluan, (2) desain produk, (3) validasi desain, (4) revisi desain, (5) uji coba produk (6) analisis dan pelaporan. Desain penelitian yang digunakan adalah desain pre-eksperimen design dengan bentuk one-shot case study.
Hasil penelitian yang telah dilakukan mendapatkan hasil rata-rata validasi modul dari para ahli sebesar 85,5% yang masuk dalam kategorikan sangat valid. Rata-rata hasil respon guru dan peserta didik setelah melakukan kegiatan belajar mengajar menggunakan modul trainer yakni sebesar 89,3 dan 81,4 sehingga tingkat kepraktisan modul trainer masuk dalam kategori sangat praktis. Sedangkan rata-rata nilai hasil belajar peserta didik dari tes evaluasi pada ranah kognitif, psikomotor dan afektif secara berurutan yakni mendapatkan rata-rata 87,18; 88,18; dan 86,4 sehingga dapat disimpulkan bahwa tingkat keefektifan modul trainer dalam membantu kegiatan belajar mengajar di SMK Negeri 1 Driyorejo Gresik masuk dalam kategori sangat efektif.
Kata Kunci: Modul Trainer, Validasi Modul, Kepraktisan, Keefektifan
Penulis: JULIAN FIKI HERMAWAN, Euis Ismayati
Kode Jurnal: jptlisetrodd170068

Artikel Terkait :