PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK PLC PADA STANDAR KOMPETENSI MEMPROGRAM PERALATAN SISTEM PENGENDALI ELEKTRONIK DENGAN PLC UNTUK SMK RADEN PATAH KOTA MOJOKERTO

Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul elektronik pada standar kompetensi memprogram peralatan sistem pengendali elektronik dengan PLC di SMK Raden Patah Mojokerto sebagai alat bantu dalam proses belajar mengajar. Selain itu penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kelayakan, dan respon siswa dalam menggunakan media pembelajaran tersebut.
Pembuatan modul elektronik ini dilakukan dengan model penelitian Research and Development (R&D) dengan beberapa tahapan berikut: 1). Analisis Masalah, 2). Pengumpulan Data, 3). Desain Produk, 4). Validasi Desain, 5). Revisi Desain, 6). Uji Coba Produk dan 7). Analisa & Pelaporan. Pengumpulan data pada penelitian ini diperoleh dari hasil validasi untuk mengetahui kelayakan media dan hasil respon siswa pada media pembelajaran menggunakan modul elektronik.
Berdasarkan hasil penelitan diperoleh kesimpulan bahwa, hasil validasi pada keseluruhan aspek yang terdapat di dalam media modul elektronik dinyatakan  layak dengan rata-rata hasil rating sebesar 80.513%, dan rata-rata hasil rating respon siswa sebesar 83,7% dinyatakan sangat baik. Hal ini menunjukkan bahwa modul elektronik PLC yang dihasilkan layak digunakan sebagai media pembelajaran.
Kata Kunci: adobe flash, modul elektronik, PLC
Penulis: RAFIQUL Fahmi FAHMI DIAN AWALUDDIN, Puput Wanarti Rusimamto
Kode Jurnal: jptlisetrodd160489

Artikel Terkait :