PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN SOFTWARE LECTORA INSPIRE PADA MATA PELAJARAN TEKNIK LISTRIK DI SMK NEGERI 2 BOJONEGORO

Abstrak: Lectoral Inspire merupakan salah satu software yang biasanya digunakan untuk menunjang dunia pembelajaran agar siswa lebih mudah memahami materi pelajaran dan membuat mereka lebih semangat untuk belajar. Software ini merupakan salah satu software yang digunakan untuk membuat sejenis power point yang sudah cukup dikenal di dunia pendidikan dengan menambahkan beberapa fitur baru untuk mendukung aktifitas semangat siswa dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan media pembelajaran yang valid menggunakan software lectora inspire dan (2) mengetahui respon siswa terhadap penggunaan software lectora inspire.
Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan menggunakan 7 langkah dari 10 langkah dari sugiono. 7 langkah yang digunakan peneliti adalah Potensi dan Masalah, Pengumpulan Data, Desain Produk, Validasi Produk, Revisi Produk, Uji Coba Produk, dan Analisa dan Laporan. Produk penelitian ini merupakan media pembelajaran menggunakan software lectora inspire yang diujicobakan pada siswa kelas X TEI 1 di SMK Negeri 2 Bojonegro yang berjumlah 30 siswa.
Metode yang digunkan untuk mengumpulkan data adalah angket validasi dan angket respon siswa.Hasil validasi dari media pembelajaran menggunakan software lectora inspire menunjukkan persentase  sebesar 82,91% dengan kriteria Baik. Hasil respon siswa diambil dari angket respon menunjukkan persentase sebesar 83,1% dengan kriteria Baik. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa media pembelajran menggunakan software lectora inspire pada mata pelajaran teknik listrik di SMK Negeri 2 Bojonegoro dinyatakan valid.
Kata kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, Lectora Inspire
Penulis: MUHAMMAD IRFAN
Kode Jurnal: jptlisetrodd170161

Artikel Terkait :