PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN SOFTWARE COURSELAB PADA KOMPETENSI KEJURUAN TEKNIK LISTRIK DI SMKN 2 SURABAYA

Abstract: Tujuan penelitain ini adalah (1) mengetahui kelayakan media pembelajaran Courselab pada mata diklat Rangkaian Kemagnitan Pada Rangkaian Kelistrikan, (2) mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran yang dihasilkan, (3) mengetahui hasil belajar siswa terhadap media pembelajaran, dan (4) mengetahui keterlaksanaan pembelajaran.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) yang disederhanakan sehingga terdiri dari tujuh tahapan yaitu analisa masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi produk, uji coba produk, revisi produk, dan analisa laporan. Penelitian ini mengembangkan media pembelajaran dengan menggunakan software Courselab dan diujicbakan pada siswa Kelas X TAV 2 SMKN 2 Surabaya pada kompetensi kejuruan teknik listrik dengan mata diklat kemagnetan pada rangkaian kelistrikan. Rancangan dalam ujicoba produk menggunakan One-Shot Case Study.
Validitas media pembelajaran Courselab dinyatakan Valid dengan persentase sebesar 81,8%. Respon siswa terhadap media pembelajaran Courselab dinyatakan baik dengan persentase sebesar 81%,. Hasil belajar siswa dinyatakan tuntas di kelas X  TAV 2 sebanyak 77% dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 23%. Hasil keterlaksanaan pembelajaran dinyatakan terlaksana baik dengan persentase sebesar 88,1%. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif Courselab pada kompetensi dasar menerapkan rangkaian kemagnetan pada rangkaian kelistrikan dinyatakan layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran.
Kata Kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, Courselab, Interaktif
Penulis: Khusni Mubarok, Munoto
Kode Jurnal: jptlisetrodd160479

Artikel Terkait :