PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AURORA 3D PADA MATA PELAJARAN RANGKAIAN ELEKTRONIKA DI SMK NEGERI 1 NGANJUK

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk(1) menghasilkan media berbasis Aurora 3D yang valid dan (2) mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran berbasis Aurora 3D pada mata pelajaran rangkaian elektronika di SMKN 1 Nganjuk.
Penelitian ini menggunakan jenis meode penelitian Research And Development (R&D). Pada penelitian pengembangan ini terdiri atas 7 tahapan yaitu: (1) perumusan potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi produk, (5) revisi produk, (6) uji coba terbatas dan (7) analisis dan pelaporan. Instrumen yang digunakan yaitu lembar validitas media dan lembar angket respon siswa.
Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan kategori sangat valid dari segi validitas media, yaitu dengan rata-rata hasil rating sebesar 87,96%. Sementara untuk respon peserta didik menunjukkan kategori sangat baik, yaitu dengan rata-rata hasil rating sebesar 88,2%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa media yang dikembangkan valid dan mendapat respon positif dari peserta didik.
Kata Kunci: Media, Aurora 3D, Valid, Respon
Penulis: Budi Santoso
Kode Jurnal: jptlisetrodd170198

Artikel Terkait :