PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MULTIMEDIA INTERAKTIF LECTORA INSPIRE PADA KOMPETENSI DASAR MENERAPKAN MACAM-MACAM GERBANG DASAR RANGKAIAN LOGIKA MATA PELAJARAN TEKNIK ELEKTRONIKA DASAR DI SMK NEGERI 2 SURABAYA

Abstrak: Media pembelajaran merupakan salah satu cara yang digunakan guru untuk meningkatkan prestasi belajar siswa, karena dengan tampilan media pembelajaran sebagai perantara diharapkan dapat membantu siswa dalam memahami isi materi. Media lectora inspire menjadi pertimbangan penting dalam rangka membantu proses pembelajaran, karena pada dasarnya proses belajar adalah proses komunikasi. Penelitian pengembangan media pembelajaran menggunakan multimedia interaktif lectora inspire ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah media pembelajaran interaktif yang dikembangkan berdasarkan kriteria isi, tampilan, dan bahasa, selain itu juga untuk mengetahui respon peserta didik terhadap media dengan materi menerapkan macam-macam gerbang dasar rangkaian logika di SMK Negeri 2 Surabaya.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model penelitian dan pengembangan (R&D). Media pembelajaran interaktif yang dikembangkan divalidasi oleh 2 dosen Teknik Elektronika dan 2 guru SMK Negeri 2 Surabaya  sebagai  validator media  lalu  diuji cobakan terbatas  pada  38 siswa kelas x program keahlian Teknik Audio Video SMK Negeri 2 Surabaya. Media pembelajaran interaktif memenuhi syarat valid jika masing-masing kriteria memperoleh presentase penilaian > 62,5% dan  memperoleh  respon positif siswa > 62,5%.
Hasil penelitian pengembangan media pembelajaran menggunakan multimedia interaktif lectora inspire yang telah divalidasi dengan hasil rating dari format media sebesar 80%, materi media sebesar 80%, aspek bahasa sebesar 86,7%, dan pada animasi media sebesar 83,5%. Sehingga secara umum media yang dikembangkan  dikategorikan  sangat  baik  dengan  hasil  rating  rata-rata 82,6%. Respon siswa pada keseluruhan aspek yang terdapat didalam media pembelajaran dinyatakan sangat baik dengan rata-rata hasil rating sebesar 89,7%. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dihasilkan layak digunakan sebagai media pembelajaran.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Multimedia Interaktif, Lectora Inspire, R&D
Penulis: ISMAIL HASAN, I Gusti Putu Asto Buditjahjanto
Kode Jurnal: jptlisetrodd170118

Artikel Terkait :