PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS SOFTWARE ADOBE FLASH PADA MATA KULIAH PEMBANGKIT TENAGA LISTRIK JURUSAN TEKNIK ELEKTRO UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

Abstrak: Penelitian pengembangan media pembelajaran berbasis software adobe flash ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran yang dikembangkan berdasarkan kriteria isi, tampilan, bahasa, selain itu juga mengetahui kelayakan dan respon mahasiswa terhadap mata kuliah teknik pembangkit tenaga listrik di Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya.
Metode penelitian ini menggunakan metode pengembangan dengan mengacu pada model penelitian dan pengembangan (R&D). Peneliti hanya menggunakan enam tahap dari sepuluh tahap rencana penelitian dan pengembangan. Media pembelajaran berbasis software adobe flash yang dikembangkan divalidasi oleh 4 dosen Teknik Elektro Universitas Negeri Surabaya.
Hasil penelitian pengembangan media pembelajaran berbasis software adobe flash yang telah divalidasi dengan hasil rating dari format media sebesar 80%, materi media sebesar 80%, aspek bahasa sebesar 86,7%, dan pada animasi media sebesar 83,5%, kompetensi dasar C1 sebesar 85%, dan kompetensi dasar C2 sebesar 82,5%. Sehingga secara umum media yang dikembangkan dikategorikan sangat baik dengan hasil rating rata-rata 82,95%. Respon siswa pada keseluruhan aspek yang terdapat didalam media pembelajaran dinyatakan sangat baik dengan rata-rata hasil rating sebesar 87,8%. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dihasilkan layak digunakan sebagai media pembelajaran.
Kata kunci: Media Pembelajaran, Berbasis Software Adobe Flash, R&D
Penulis: ISKANDAR ZULKARNAIN, Tri Rijanto
Kode Jurnal: jptlisetrodd170066

Artikel Terkait :