PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MOBILE LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI ANDROID PADA MATA PELAJARAN TEKNIK LISTRIK DI SMK NEGERI 1 JETIS MOJOKERTO

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran mobile learninf yang layak. Kelayakan tersebut mengacu pada aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan yang terdiri atas 7 langkah yaitu: (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi produk; (5) revisi produk; (6) uji coba produk; (7) analisis dan pelaporan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TAV 1 sebagai kelas kontrol dan X TAV 2 sebagai kelas eksperimen di SMK Negeri 1 Jetis Mojokerto. Pada penelitian ini rancangan uji coba yang digunakan adalah pretest-posttest control group design.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kelayakan media pembelajaran mobile learning pada aspek validitas dinyatakan sangat layak dengan hasil rating sebesar 83%, aspek kepraktisan yang ditinjau dari respon siswa dinyatakan sangat praktis dengan hasil rating sebesar 87%, aspek keefektifan ditinjau dari hasil belajar siswa dan keterlaksanaan pembelajaran. Dari tes hasil belajar siswa didapatkan th = 10,281 > ttabel = 2,001 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang sangat signifikan pada hasil belajar akhir siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dan ditinjau dari th yang bernilai lebih besar dari ttabel menunjukkan bahwa kelas eksperimen memperoleh hasil belajar yang lebih baik dibandingkan kelas kontrol. Keterlaksanaan pembelajaran memperoleh hasil rating sebesar 93%, sehingga dapat dinyatakan bahwa keterlaksanaan pembelajaran terlaksana dengan sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diketahui bahwa media pembelajaran mobile learning layak digunakan sebagai salah satu media alternatif dalam proses pembelajaran dan dapat memperoleh hasil belajar siswa yang lebih baik pada mata pelajaran teknik listrik.
Kata Kunci: media pembelajaran, mobile learning, kevalidan, kepraktisan, keefektifan
Penulis: ARDIYAN HANDAYANI, Euis Ismayati
Kode Jurnal: jptlisetrodd170126

Artikel Terkait :