PENGEMBANGAN MEDIA CAI PADA MATA PELAJARAN TEKNIK LISTRIK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG UNTUK MENGETAHUI HASIL BELAJAR SISWA KELAS X TAV SMK NEGERI 3 SURABAYA

Abstract: Media pembelajaran berfungsi sebagai alat bantu untuk mentransfer informasi yang akan disampaikan oleh guru kepada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran CAI agar siswa lebih mudah dalam belajar. Pengembangan media ini dilakukan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang dikembangkan oleh Branch. Model pengembangan ADDIE melalui lima tahap yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Penelitian ini juga bertujuan untuk mendekripsikan validitas, keefektifan, dan kepraktisan media yang dikembangkan. Subyek penelitian pada penelitian ini adalah siswa kelas X TAV 2 dan siswa kelas X TAV 3 jurusan Teknik Audio Video SMK Negeri 3 Surabaya. Desain penelitian untuk penelitian ini yaitu menggunakan pretest-posttest control group design dan menggunakan model pembelajaran langsung.
Hasil penelitian ini yaitu media pembelajaran CAI yang dinyatakan layak digunakan. Media tersebut dikatakan layak digunakan setelah melalui tahap validasi RPP, butir soal, media, dan materi yang masing-masing mendapatkan nilai rata-rata sebesar 4,13, 4,03, 4,18, dan 4,15. Hasil ketuntasan belajar klasikal kelas eksperimen mengalami peningkatan sebanyak 52% setelah menggunakan media pembelajaran CAI. Keterlaksanaan pembelajaran dinyatakan efektif dengan rata-rata persentase selama 3 pertemuan sebesar 80,30%. Dengan data tersebut syarat media untuk dikatakan efektif telah terpenuhi. Selanjutnya, respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan media pembelajaran CAI mendapatkan persentase sebesar 82%, sehingga kepraktisan pada penelitian ini tercapai.
Kata-Kata Kunci: pengembangan media, validitas, kepraktisan, keefektifan
Penulis: Rahayu Sutarini, Rr. Hapsari Peni Agustin Tjahjaningtyas
Kode Jurnal: jptlisetrodd160451

Artikel Terkait :