PENGEARUH MEDIA VIDEO TUTORIAL PADA MATA PELAJARAN TEKNIK LISTRIK BDENGAN KOMPETENSI DASAR MENGUJI RANGKAIAN RESISTOR PADA RANGKAIAN KELISTRIKAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X TAV DI SMK NEGERI 2 SURABAYA

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pengaruh media video tutorial terhadap hasil belajar kognitif dan psikomotor pada mata pelajaran teknik listrik kompetensi dasar menguji rangkaian resistor pada rangkaian kelistrikan siswa kelas X TAV di SMKN 2 Surabaya, (2) Mengetahui keterlaksanaan pembelajaran menggunakan media video tutorial mata pelajaran teknik listrik pada kompetensi dasar menguji rangkaian resistor dan rangkaian kelistrikan pada peserta didik kelas X TAV di SMKN 2 Surabaya.
Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kuantitatif. Sedangkan metode penelitian yang digunakan adalah metode Quasi Eksperiment Desain (nonequivalent control group design). Analisisdata menggunakan uji t untuk mengetahui pengaruh media video tutorial terhadap hasil belajar pada siswa.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Berdasarkan hasil uji t Independent Sample T-Test diketahui nilai thitung yang dihitung dengan menggunakan bantuan software SPSS 17.0 mendapat nilai sebesar 3,251. Tabel distribusi t ditentukan pada α=0,05% dengan derajat kebebasan (dk) = n1+n2-2 = 41+41- 2= 80. Maka nilai ttabel adalah 2,00. Maka nilai thitung > ttabel yaitu 3,251 > 2,00 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengaruh media video tutorial terhadap hasil belajarsiswa lebih baik dibandingkan hasil belajar siswa yang menggunakan media power point pada mata pelajaran teknik listrik. (2) berdasarkan hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh observer terhadap kegiatan belajar mengajar mendapatkan persentasi rata-rata 88,92. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil observasi oleh observer terhadap kegiatan belajar mengajar pada mata pelajaran teknik listrik sangat baik.
Kata kunci: Media video tutorial, Keterlaksanaan pembelajaran, dan Hasil belajar
Penulis: ANDRI PUTRA MULATA, Agus Budi Santosa
Kode Jurnal: jptlisetrodd170084

Artikel Terkait :