PENERAPAN MEDIA EDUGAME DENGAN METODE TGT (TEAMS-GAMES-TOURNAMENTS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA DIKLAT PEREKAYASAAN SISTEM AUDIO DI SMK NEGERI 2 SURABAYA
Abstract: Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan media
edugame dengan metode teams-games-tournaments dan yang menggunakan media
powerpoint dengan metode direct instruction pada mata diklat perekayasaan
sistem audio.
Metode yang digunakan adalah pre experimental design dengan rancangan
penelitian yang digunakan yaitu “Static Group Comparison”. Populasi dalam
penelitian ini adalah SMK Negeri 2 Surabaya. Diambil sampel siswa kelas XI AV
sebanyak 2 kelas, kelas XI AV 3 sebagai kelas eksperimen dan XI AV 1 sebagai
kelas kontrol. Sedangkan untuk mengetahui perbedaan hasil belajarnya digunakan
teknik analisis data uji-t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Berdasarkan dengan rata-rata
nilai posttest kelas eksperimen 85,8 dan kelas kontrol 78,0. Ini menunjukkan
bahwa penerapan media edugame dengan metode teams-games-tournaments memiliki
nilai lebih tinggi dibandingkan dengan yang menggunakan media powerpoint dengan
metode direct instruction. (2) Berdasarkan analisa nilai uji-t dua pihak
diperoleh thitung sebesar 5,828 > ttabel = 2,00 (α=0,05). Ini menunjukkan
bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan media edugame dengan metode
teams-games-tournaments berbeda signifikan dibandingkan dengan hasil belajar
siswa yang menggunakan media powerpoint dengan metode direct instruction.
Penulis: ADING Rian RIAN
SAPUTRA, I Gusti Putu Asto Buditjahjanto
Kode Jurnal: jptlisetrodd160491