Desain Teknologi MPPT ( Maximum Power Point Tracker ) Berbasis Fuzzy Logic Pada Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) Yang Terhubung Grid

Abstract: Berdasarkan data dari Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral tahun 2006, Indonesia mempunyai potensi energi angin sebesar 9.29 GW dan sudah terpasang sebesar 0.0005 GW. Saat ini pemerintah telah mengeluarkan roadmap pemanfaatan energi terbarukan yang menargetkan kapasitas terpasang hingga tahun 2025 mencapai 17%. Ada beberapa cara untuk meningkatkan kapasitas daya listrik Pembangkit Listrik Tenaga Angin (PLTB) yaitu dengan menambah jumlah pembangkit, namun cara ini cukup mahal, karena harus membangun pembangkit baru. Dalam penelitian ini, digunakan teknologi MPPT untuk menaikkan efisiensi PLTB dengan cara mencari daya listrik maksimum pada kecepatan angin yang telah ditentukan, dan untuk menghasilkan nilai duty cycle dan mempercepat tanggapan system digunakan kontrol fuzzy. PLTB ini juga dilengkapi dengan sistem On-Grid, artinya produksi daya listrik PLTB dapat ditransfer ke jaringan listrik PLN, sehingga akan membantu meningkatkan rasio elektrifikasi di Indonesia.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknologi MPPT mampu menaikkan efisiensi PLTB dari 65% menjadi 80%. Daya aktif yang mampu ditansfer oleh PLTB saat kecepata angin 6meter/detik ke sistem grid sebesar 925 Watt dan daya rekatif sebesar -921 watt.
Penulis: Machmud Effendy
Kode Jurnal: jptlisetrodd160270

Artikel Terkait :