Audit Penerapan Aplikasi Sistem Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Klungkung Menggunakan COBIT DOMAIN PO dan ITIL

ABSTRACT: Teknologi informasi saat ini memiliki peranan yang sangat penting dalam dunia pemerintahan. Pemanfaatan teknologi informasi yang ada harus diimbangi dengan pengaturan dan pengelolaan yang tepat sehingga memberikan manfaat yang efektif bagi penggunanya. Pada penelitian ini membahas mengenai audit tata kelola SIMDA Keuangan di lingkungan kantor Pemerintah Daerah Kabupaten Klungkung dengan menggunakan framework COBIT 4.1 domain PO (Plant and Organise) sub domai PO1, PO2 dan PO7 dan Framework ITILV3.  Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan manfaat aplikasi SIMDA keuangan dengan standar COBIT 4.1 dan ITIL V3 dan nantinya dapat menghasilkan suatu rekomendasi pengelolaan aplikasi SIMDA Keuangan dalam upaya peningkatan kualitas tata kelola TI yang dimiliki.
Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan kuesioner dengan responden yang telah ditentukan berdasarkan tugas dan fungsinya. Responden audit tata kelola SIMDA Keuangan di lingkungan Kantor Pemerintah Daerah Kabupaten Klungkung ini terdiri dari PPK (Pejabat Penatausahaan Keuangan) dan Bendahara di seluruh entitas Pemerintah Kabupaten Klungkung yang jumlahnya sebanyak 86 responden.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah sebagian besar penerapan COBIT (domain PO) pada tata kelola TI di kantor Pemerintah Daerah Kabupaten Klungkung berada pada level 3, dengan menggunakan framework ITIL yang sebelumnya telah dipetakan dengan domain COBIT yang digunakan akhirnya dapat dibuatkan beberapa rekomendasi dalam upaya meningkatkan tata kelola TI di Kantor Pemerintah daerah Kabupaten Klungkung. Secara garis besar, rekomendasi yang dihasilkan meliputi pembenahan renstra daerah yang didalamnya terkait dengan visi-misi daerah mengenai penerapan TI, perbaikan infrastruktur TI yang digunakan serta pembenahan Sumber Daya Manusia yang digunakan sebagai pengelolanya.
KEYWORDS: COBIT Framework, ITIL Framework, SIMDA Keuangan
Penulis: Putu Agus Pradnyana Jaya
Kode Jurnal: jptlisetrodd170037

Artikel Terkait :