Analisis Pemanfaatan Metode Markerless User Defined Target Pada Augmented Reality Sholat Shubuh
Abstrak: Aplikasi augmented
reality pada umumnya menggunakan marker khusus untuk menjalankan aplikasi (marker
based). Penggunaan marker tersebut membuat aplikasi menjadi ketergantungan,
karena aplikasi hanya akan dapat dijalankan jika marker tersedia. Penelitian
ini bertujuan untuk menampilkan objek 3 dimensi pada lingkungan augmented
reality tanpa menggunakan marker khusus pada perangkat android. Aplikasi dibuat
menggunakan metode markerless user defined target dan melakukan pengujian
tentang pemanfaatan metode tersebut menggunakan parameter seperti kontras warna
permukaan datar, bentuk objek, jarak, cahaya dan sudut kamera pada saat
tracking. Hasil dari penelitian didapatkan bahwa seluruh benda dapat digunakan
pada metode markerless user defined target. Benda terbaik untuk menampilkan
objek 3 dimensi adalah permukaan datar kertas dengan kontras bagus, sudut
tracking 45°, menggunakan sumber cahaya terang yang tidak tegak lurus dengan
marker dan jarak ideal 15 cm sampai 25 cm.
Penulis: Randy Gusman, Meyti
Eka Apriyani
Kode Jurnal: jptlisetrodd160355