ANALISA PEMAKAIAN DAYA LAMPU LED PADA RUMAH TIPE 36

Abstract:  LED atau singkatan dari Light Emitting Diode adalah salah satu komponen elektronik yang tidak asing lagi di kehidupan saat ini. LED banyak dipakai, seperti untuk penggunaan lampu penerangan, rambu-rambu lalu lintas, lampu indikator peralatan elektronik hingga ke industri. LED ini banyak digunakan karena komsumsi daya yang dibutuhkan tidak terlalu besar.
Menggunakan lampu LED lebih menghemat pemakaian daya listrik. Pada penelitian ini dilakukan perhitungan daya lampu LED, dan untuk mengetahui daya yang terpakai selama 1 bulan dan tempat studi kasus rumah KPR tipe 36. Subjek penelitian ini Lab. Teknik Elektro, Kampus Universitas Islam Kalimantan Provinsi Kalimantan Selatan.
Dengan jenis penelitian kuantitatif adalah penelitian secara langsung pada obyek penelitian dimana data yang diperoleh berdasarkan hasil identifikasi dilapangan / pengukuran yang selanjutnya dirumuskan pada beberapa masalah pokok yang relevan dengan tujuan penelitian ini. Setelah dilakukan penghitungan maka dapat diketahui energi listrik yang diperlukan selama 1 bulan adalah 23,04 KWh dan tarif atau biaya dari semua lampu yang di pakai selama 1 bulan adalah Rp 13.939,2
Kata Kunci: LED, Lampu Penerangan, Energi Listrik
Penulis: Moethia Faridha, M.Dahlan Yusuf Saputra
Kode Jurnal: jptlisetrodd160773

Artikel Terkait :