STUDI KOMPARASI ANTARA MEDIA EVALUASI BERBASIS MULTIMEDIA DENGAN MEDIA EVALUASI BERBASIS KERTAS TERHADAP HASIL UJIAN PENGENALAN TIK PADA PESERTA PELATIHAN KEJURUAN OPERATOR KOMPUTER DI PPKD JAKARTA TIMUR

ABSTRAK: Kemajuan pesat di bidang teknologi informasi dan komunikasi mempunyai peran dan pengaruh sangat besar dalam proses kegiatan belajar dan mengajar, salah satu dampaknya adalah mulai banyaknya penggunaan fasilitas multimedia dalam kegiatan belajar dan mengajar. Saat ini bahan ajar dan alat evaluasi dalam bentuk aplikasi berbasis multimedia banyak digunakan, mulai dari pendidikan formal tingkat dasar, menengah, tinggi maupun pendidikan non formal.
Ujian adalah salah satu alat ukur yang dapat menunjukkan keberhasilan kegiatan belajar dan mengajar para Guru/Dosen/Instruktur dalam memberikan pendidikan dan pelatihan di tempat mereka mengajar. Umumnya para guru/dosen/instruktur masih banyak yang belum memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam kegiatan belajar mengajarnya sekalipun mereka sudah diberikan fasilitas oleh lembaga tempat mereka bekerja. Misalnya saat memberikan soal ujian mereka lebih suka menggunakan media konvensional seperti kertas dibandingkan dengan memanfaatkan fasilitas komputer yang ada di lab komputer. Hal inilah yang menginspirasi penulis untuk membuat aplikasi soal ujian berbasis multimedia menggunakan Adobe Flash 5.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan media evaluasi berbasis multimedia dan berbasis kertas serta penyebab perbedaan antara hasil ujian menggunakan media berbasis kertas dan media berbasis multimedia terhadap hasil ujian pengenalan TIK para peserta pelatihan kejuruan Operator Komputer di Pusat Pelatihan Kerja Daerah Jakarta Timur.
Kata Kunci: multimedia, evaluasi, ujian, teknologi informasi dan komunikasi
Penulis: Henri Septanto
Kode Jurnal: jptkomputerdd140300

Artikel Terkait :