SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN SELEKSI PENERIMA BEASISWA PPA DAN BBM BERBASIS DESKTOP MENGGUNAKAN METODE WEIGHTED PRODUCT (STUDI KASUS FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN DI UNDANA)

ABSTRAK: Perguruan tinggi negeri Universitas Nusa Cendana (UNDANA) Kupang telah melakukan kegiatan penyeleksian penerima beasiswa PPA dan BBM. Pada penelitian ini, FKIP merupakan Fakultas yang dijadikan peneliti sebagai tempat untuk melakukan penelitian tentang penerimaan beasiswa PPA dan BBM karena FKIP mempunyai jumlah penerima beasiswa PPA dan BBM terbanyak di UNDANA. Penyeleksian dilakukan berdasarkan kriteria yang telah ditentukan antara lain: IPK, penghasilan orangtua, pengeluaran dan jumlah tanggungan. Penelitian ini menggunakan metode Weighted Product untuk melakukan analisis terhadap alternatif-alternatif setiap kriteria.
Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi sistem pendukung keputusan seleksi penerima beasiswa dengan perangkingan dari alternatif-alternatif (penerima beasiswa) yang dapat menjadi rekomendasi bagi pengambil keputusan. Setelah dilakukan penelitian terhadap 10 dan 20 data uji dengan masukan nilai kepentingan yang sama untuk setiap kriteria maka didapat kesesuaian antara perhitungan manual dengan sistem pendukung keputusan yang telah dibuat dengan akurasi pengujian sebesar 100%.
Kata kunci: Beasiswa, Sistem pendukung keputusan, Weighted Product (WP)
Penulis: Natalia Lidja Kadju
Kode Jurnal: jptkomputerdd140293

Artikel Terkait :