SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN SELEKSI CALON KARYAWAN PADA PT BPR CHRISTA JAYA KUPANG DENGAN METODE ANALITICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) DAN TECHNIQUE FOR ORDER PREFERENCE BY SIMILARITY TO IDEAL SOLUTION (TOPSIS)

ABSTRAK: Perseroan Terbatas (PT) Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Christa Jaya Kupang, telah melakukan kegiatan penyeleksian calon karyawan sejak awal berdiri sampai saat ini. Penyeleksian dilakukan berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan antaralain, kepribadian, pendidikan, wawancara awal, tes psikologi, domisili, dan wawancara akhir. Saat penyeleksian berlangsung manajer akan memberikan penilaian pada setiap calon karyawan untuk memutuskan apakah dapat diterima bekerja atau tidak. Untuk membantu manajer memutuskan calon karyawan yang akan diterima, maka dilakukan penelitian yang hasilnya berupa perangkingan calon karyawan.
Penelitian ini menggunakan metode AHP untuk menentukan bobot prioritas dari enam kriteria yang ada. Setelah bobot prioritas diperoleh dilanjutkan dengan memasukan penilaian dari manajer untuk masingmasing alternatif terhadap setiap kriteria, kemudian dianalisis menggunakan metode TOPSIS. Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi sistem pendukung keputusan seleksi calon karyawan dengan perangkingan dari beberapa alternatif (calon karyawan), yang dapat menjadi rekomendasi manajer untuk pengambilan keputusan. Setelah dilakukan pengujian terhadap 7 data uji, dengan masukan nilai kepentingan yang sama untuk setiap kriteria, maka didapat presentasi kesesuaian perangkingan sistem dan keputusan perangkingan manajer sebesar 71%, dimana terdapat 2 hasil perangkingan yang berbeda dengan keputusan manajer.
Kata Kunci: Sistem Pendukung Keputusan, AHP (Analytical Hierarchy Process), TOPSIS (Technique For Order Preference By Similarity To Ideal Solution)
Penulis: Yuneldi Keffi
Kode Jurnal: jptkomputerdd140291

Artikel Terkait :