RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENGOLAHAN DATA ZAKAT PADA KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN AGAMA PROVINSI NTT BERBASIS CLIENT SERVER

ABSTRAK: Zakat merupakan salah satu rukun Islam, dan menjadi salah satu unsur pokok bagi tegaknya syariat Islam. zakat hakikatnya wajib (fardhu) atas setiap muslim yang merdeka, beragama Islam, hartayang dikeluarkan mestilah harta yang wajib di zakati, nisab, memiliki hak penuh terhadap harta tersebut, cukup hawl, dan harta tersebut niat untuk di perdagangkan. Zakat juga merupakan sebuah kegiatan social kemasyarakatan dan kemanusiaan (dapat berkembang sesuai dengan perkembangan umat manusia dimana pun).
Pada penelitian ini dilakukan perancangan dan pembuatan sistem informasi yang digunakan untuk membantu Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi NTT untuk melakukan pendataan dana zakat berbasis Client Server, dimana sebuah server dapat melayani beberapa client untuk mempercepat proses pendataan zakat yang dibayarkan oleh donatur. penggunaan metode waterfall dipilih karena dirasa sangat cocok untuk pengembangan software/perangkat lunak, tahapan-tahapan yang dilakukan dalam pengembangan aplikasi ini adalah analisis sistem, desain sistem, implementasi sistem, pengujian sistem dan perawatan.
Hasil akhir dari penelitian ini berupa sebuah sistem informasi pendataan pembayaran zakat yang dapat digunakan oleh Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi NTT. Sistem informasi pengolahan data zakat ini juga dilengkapi dengan fasilitas cetak laporan yang lengkap serta pencetakan kwitansi penyetoran untuk donatur.
Kata kunci: zakat, sistem informasi, client server
Penulis: Ridha Romaidha Djamil
Kode Jurnal: jptkomputerdd140296

Artikel Terkait :