RANCANG BANGUN APLIKASI SMART CARD INTERFACE

Abstrak: Peluang pengembangan aplikasi berbasis smart card cukup besar seiring kebutuhan akan teknologi smart card di berbagai bidang baik dunia bisnis maupun instansi pemerintahandan BUMN. Salah satu merek smart card yang banyak digunakan adalah smart card jenis ACR122U NFC produksi dari vendor ACS(Advanced Card System Limited) karena harganya relatif terjangkau namun cukup tangguh .
Saat tugas akhir ini dikerjakan, ACS(Advanced Card System Limited) sebagai vendorprodusen smart card jenis ACR122U NFC baru mendukung beberapa bahasa pemrogramanuntuk pengembangannya, antara lain Borland Delphi 7, Java, Microsoft Visual Basic 6.0,Microsoft Visual Basic.NET 2005, Microsoft Visual C#.2005, Microsoft Visual C++ 6.0 MicrosoftVisual C++ 2005. Lalu bagaimana dengan bahasa pemrograman lain?, hal tersebut tentu akanmenjadi kendala bagi pengembang aplikasi smart card untuk mengembangkan aplikasiberbasis smart card ACR 122U NFC, terutama bagi pengembang yang kompetensi bahasa pemrograman yang dimiliki diluar bahasa pemrograman yang didukung ACR 122U NFC saat ini. Kendala tersebut terutama kompabilitas serta waktu pengembangan akan relatif lebih lama.
Untuk itu pengembangan aplikasi interface (penghubung) antara PC dengan Smart Card yang fleksibel, yang mampu mengkomunikasikan smart card, smart card reader dengan aplikasiyang akan dikembangkan dengan berbagai bahasa pemrograman (multiprogramming) yang berbeda akan membantu kemudahan dalam pengembangan aplikasi-aplikasi lain berbasis smart card ACR 122U.
Kata kunci: smart card, smart card reader, ACR 122U, interface, multiprogramming
Penulis: I Putu Agus Swastika
Kode Jurnal: jptkomputerdd100064

Artikel Terkait :