PERANCANGAN PERMAINAN MENGASAH DAYA INGAT “MEMORY TRAINING” MENGGUNAKAN GREENFOOT
Abstract: Selama ini permainan
anak-anak dilakukan secara tradisional, tetapi permainan tradisional ini
memiliki kekurangan yaitu membutuhkan waktu khusus, membutuhkan tempat yang
luas, dimainkan di luar rumah, serta dapat menyebabkan cidera dan kelelahan.
Seiring dengan kemajuan teknologi yang pesat, permainan modern semakin diminati
oleh anak-anak, terutama permainan yang berbasis komputer. Selain dapat
menghilangkan kejenuhan, permainan juga merupakan salah satu cara efektif untuk
mengasah daya ingat. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian untuk
mengembangkan permainan mengasah daya ingat “Memory Training” untuk anak-anak
yang berusia 7 sampai 12 tahun. Perangkat lunak yang digunakan untuk membuat
permainan ini yaitu Greenfoot, yang berbasis bahasa pemrograman Java dengan
konsep pemrograman berorientasi objek. Tahap perancangan dimulai dengan
merancang konsep, isi, naskah, dan grafik permainan. Tahap implementasi
dilakukan dengan membangun dan mengembangkan permainan sesuai dengan rancangan
yang sudah dibuat, yaitu meliputi implementasi program dan grafik. Tahap
pengujian dilakukan dengan metode black-box serta dilakukan uji coba secara
langsung kepada 20 anak.
Hasil pengujian menunjukkan bahwa permainan ini dapat berjalan dengan
baik pada sistem operasi Windows XP dan Windows 7. Tombol-tombol dan
fungsi-fungsi pada permainan juga dapat berfungsi dengan baik dan sesuai dengan
fungsionalitasnya masing-masing. Berdasarkan penilaian yang diberikan oleh 20
anak, permainan “Memory Training” ini dinilai menarik, mudah dipahami dan
dimainkan, mampu mengasah daya ingat, serta tampilan permainannya bagus,
sehingga menarik perhatian anak-anak untuk memainkan permainan ini kembali. Hal
ini terlihat pada semua aspek penilaian, yang mendapatkan persentase lebih dari
90%.
Penulis: Yessy Kurniasari, R.
Rizal Isnanto, Oky Dwi Nurhayati
Kode Jurnal: jptkomputerdd130298