PENGGUNAAN DATA MINING DALAM MENENTUKAN POLA KARAKTERISTIK PADA PROGRAM PEMINATAN MAHASISWA (STUDI KASUS DI STMIK TIME MEDAN)

ABSTRACT: Perguruan tinggi saat ini dituntut untuk memiliki keunggulan bersaing dengan memanfaatkan semua sumber daya yang dimiliki Selain sumber daya sarana, prasarana, dan manusia, sistem informasi adalah salah satu sumber daya yang digunakan untuk meningkatkan keunggulan bersaing. Sistem informasi dapat digunakan untuk mendapatkan, mengolah, dan menyebarkan informasi untuk menunjang kegiatan operasional sehari-hari sekaligus menunjang kegiatan pengambilan keputusan strategis.
Data mining adalah salah satu bidang yang berkembang cukup pesat karena besarnya kebutuhan akan nilai tambah dari database skala besar yang makin banyak terakumulasi sejalan dengan pertumbuhan teknologi informasi.
Melihat besarnya potensi yang bisa digali dan didapatkan dari  informasi yang tersimpan pada suatu perguruan tinggi menggunakan data mining, maka penulis tertarik untuk mencari pola karakteristik pada program peminatan mahasiswa dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas hasil lulusan STMIK TIME.
Kata Kunci: Data mining, Program Peminatan, Perguruan Tinggi
Penulis: Hendri
Kode Jurnal: jptkomputerdd130224

Artikel Terkait :