Pengenalan Bahasa Inggris untuk Anak Melalui Permainan Edukasi "The Zoo" Berbasis Kinect
Abstract: Bahasa Inggris
sebagai bahasa universal memegang peranan penting dalam kehidupan sehari-hari,
namun kemampuan bahasa Inggris masyarakat Indonesia masih tergolong sangat
rendah. Pembelajaran bahasa Inggris merupakan upaya untuk mengatasi
permasalahan tersebut dan haruslah dimulai sejak dini dengan metode yang menyenangkan. Oleh karena
itu dibangunlah permainan “The Zoo” berbasis Kinect sebagai media pengenalan
bahasa Inggris untuk anak yang menghadirkan pengalaman interaksi baru terhadap
pemain .
Permainan “The Zoo” dibangun dari WPF C# project dan menggunakan Kinect
SDK versi 1.6. Tahapan perancangan terdiri dari menentukan tujuan dan memilih
tema; melakukan riset tema terkait; merancang struktur I/O, struktur
pemrograman, dan struktur permainan; pemrograman; pengujian; dan pengambilan
umpan balik.
Permainan “The Zoo” telah diuji di TK Al Azhar 14 Semarang. Hasil
pengujian fungsional dengan metode kotak hitam menunjukkan bahwa permainan ini
dapat berjalan dengan baik pada sistem operasi Windows 7 di lingkungan .NET
Framework 4.5. Metode pengujian pemain yang digunakan adalah metode
eksperimental dimana kelompok eksperimen diberikan perlakuan berupa
pembelajaran menggunakan media permainan “The Zoo”. Hasil pengolahan data tes
awal dan tes akhir menunjukkan bahwa nilai rata-rata tes akhir kelompok
eksperimen lebih tinggi dari kelompok kontrol sehingga dapat disimpulkan bahwa
permainan “The Zoo” telah mencapai tujuan awal permainan.a
Penulis: Fatima Setyani, R.
Rizal Isnanto, Kurniawan Teguh Martono
Kode Jurnal: jptkomputerdd140362