PENGEMBANGAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY DI MUSEUM SULAWESI TENGAH SEBAGAI PENUNJANG INFORMASI EDUKATIF KULTUR Magister Teknik Informatika STMIK AMIKOM Yogyakarta

Abstrak: Upaya pelestarian Koleksi-koleksi Museum Sulawesi Tengah terus di tingkatkan dengan menjaga serta merawat sekaligus menyimpan warisan budaya lokal dengan baik, sehingga dikenal dan dinikmati oleh generasi sekarang dan masa depan. Penelitian dilakukan di museum kota Palu (Sulawesi Tengah). Dalam rangka peningkatan, pengembangan serta pelestarian warisan budaya lokal sangat dibutuhkan media pengembangan informasi yang berbasis multimedia.
Hasil Penelitian Menggabungan objek atau dunia virtual ke dalam dunia nyata secara real time dengan menggunakan teknologi Augmented Reality diterapkan pada 10 (sepuluh) contoh dari koleksi-koleksi bersejarah yang ada dimuseum. melalui kamera sebagai mata dengan mengambil gambar dari marker secara berkelanjutan yang kemudian diproses untuk menghasilkan interaksi Virtual yang tampak pada dunia nyata.
Kata kunci: Augmented reality, Magicbook, Edukatif kultur
Penulis: MOHAMMAD
Kode Jurnal: jptkomputerdd150381

Artikel Terkait :