PENERAPAN LINEAR CONGRUENT METHOD PADA GAME EDUKASI TEBAK HURUF HIRAGANA DAN KATAKANA BERBASIS ANDROID
ABSTRACT: Dengan
perkembangan game yang semakin pesat, salah satunya adalah game edukasi. Tujuan
pembuatan sebuah game edukasi antara lain education (mendidik). Game ini akan
lebih diutamakan untuk mendukung proses pembelajaran dengan konsep “Bermain
sambil belajar”. Siswa masih banyak yang menganggap mata pelajaran bahasa
Jepang sulit untuk dimengerti khususnya huruf Hiragana dan Katakana. Sarana
pembelajaran untuk berlatih membaca dan menghapal masih sedikit sehingga banyak
siswa mengalami kesulitan belajar. Game edukasi pada perangkat mobile merupakan
sarana pembelajaran baru yang dinilai dapat lebih menarik minat seseorang untuk
belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Linear
Congruent Method (LCM) merupakan metode pembangkitkan bilangan acak semu dimana
dalam pembangkitan bilangannya menggunakan operasi-operasi aritmatika. Metode
ini dapat diterapkan di berbagai bidang salah satunya adalah dalam pengacakan
urutan soal. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi Game Tebak Huruf
Hiragana dan Katakana Berbasis Android menggunakan metode LCM, di buat
menggunakan aplikasi Adobe Flash Profesional CS6 dengan bahasa pemograman
ActionScript 3.0 (AS3). Dibuat bertujuan memudahkan pembelajaran bahasa Jepang
dalam mengingat dan membedakan bentuk huruf Hiragana dan Katakana. Materi yang
disisipkan dalam game bersumber dari buku Tanoshii Nihongo 1 pokok bahasan
Aksara bahasa jepang.
Penulis: Khairul Adha, Mesran,
Murdani
Kode Jurnal: jptkomputerdd170288