Pembuatan Aplikasi Permainan “Ayo Sehat” Berbasis Android
Abstract: Penerapan Perilaku
Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) disekolah merupakan kebutuhan mutlak seiring
munculnya berbagai penyakit yang sering menyerang anak usia sekolah dasar,
yaitu usia 6 sampai 12 tahun seperti kecacingan, diare, sakit gigi, sakit
kulit, gizi buruk dan lain sebagainya yang ternyata berkaitan erat dengan PHBS.
Usia sekolah dasar merupakan waktu yang tepat untuk menanamkan kebiasaan
menerapkan perilaku hidup dan sehat. Salah satu cara mengenalkan PHBS adalah
melalui permainan. Aplikasi permainan Ayo Sehat dibuat menggunakan Unity,
sebuah game engine yang dapat merancang permainan pada berbagai platform.
Aplikasi permainan ini dikembangkan dengan metode Multimedia Development Life
Cycle (MDLC) melalui tahap pengembangan konsep, desain, pengumpulan materi,
pengujian, dan pendistribusian. Aplikasi permainan ini diuji dengan Black Box
Testing, menunjukkan bahwa permainan sudah berjalan sesuai spesifikasi
kebutuhan yang menampilkan hasil uji pada tiap fungsi aplikasi dan tombol. Berdasarkan
hasil uji Wilcoxon terdapat perbedaan nyata antara nilai pretest dan nilai
post- test dimana pengguna lebih memahami Pola Hidup Bersih dan Sehat setelah
penggunaan aplikasi. Hasil dari penelitian dan pengujian menunjukkan bahwa
aplikasi permainan Ayo Sehat telah sesuai dengan tujuan yaitu mengenalkan PHBS
di lingkungan sekolah pada anak usia sekolah dasar.
Penulis: Rinta Kridalukmana,
Kurniawan Teguh Martono
Kode Jurnal: jptkomputerdd160211