Pembuatan Aplikasi Augmented Reality Denah Stasiun Gambir Menggunakan Metode Marker Based Tracking Berbasis Android

Abstract: Seiring dengan perkembangan jaman, perkembangan teknologi pun semakin cepat sehingga mengharuskan manusia untuk lebih terampil dan praktis dalam kehidupan sehari-hari. Perkembangan jaman diiringi dengan meningkatnya kecanggihan perangkat telekomunikasi mobile yang memungkinkan digunakannya sebagai sarana informasi. Kebanyakan masyarakat mulai bergantung pada smartphone mereka untuk mengetahui dimana letak suatu tempat dan mulai meninggalkan kebiasaan membaca denah maupun peta lokasi yang terdapat di lokasi tersebut. Seperti halnya di Stasiun Gambir yang merupakan stasiun tersbesar di Jakarta pasti tidaklah mudah untuk menemukan letak lokasi yang dicari, bahkan penumpang kereta susah untuk menemukan lokasi toilet atau musholla karena kurang memadainya sarana denah lokasi di Stasiun Gambir yang dapat menunjukan letak fasilitas umum di Stasiun Gambir. AR (augmented reality) adalah teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi dan ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata. Dengan adanya Augmented Reality denah stasiun Gambir dan fasilitas umum yanga da di dalamnya dapat membantu masyarakat dalam mencari lokasi dan fasilitas umum di Stasiun Gambir. Aplikasi ini berbasis android dan dibuat dengan menggunakan software Blender untuk pembuatan objek 3D, GIMP untuk pembuatan marker, Vuforia sebagai package Unity untuk membuat Augmented Reality, dan Unity sebagai workspace.
Kata Kunci: Augmented Reality, Denah, Stasiun Gambir, Unity
Penulis: Aqwam Rosadi Kardian, Shinta Andriani Pratiwi
Kode Jurnal: jptkomputerdd170122

Artikel Terkait :