PEDOMAN PEMBUATAN DAN PENGGUNAAN ALAT PERAGA PELAJARAN MATEMATIKA TINGKAT SEKOLAH DASAR MENERAPKAN COMPUTER ASSISTED INTRUCTION

Abstract: Alat peraga matematika adalah sebuah atau seperangkat benda konkrit yang dibuat, dirancang, dihimpun atau disusun secara sengaja, yang digunakan untuk membantu menanamkan atau mengembangkan konsep-konsep atau prinsip-prinsip dalam matematika. Dengan alat peraga, maka hal-hal yang abstrak dapat disajikan dalam bentuk model-model, sehingga siswa dapat memanipulasi objek tersebut dengan cara dilihat dipegang, diraba, diputarbalikkan, agar lebih mudah memahami matematika. Computer-Assisted Instruction adalah program pengajaran berbantuan komputer yang telah banyak digunakan oleh para pendidik sebagai alternative pembelajaran. Adapun alternative-alternative yang terdapat pada CAI (Computer-Assisted Instruction) dan sering dipergunakan oleh para pendidik adalah drill and practice, simulasi, tutorial dan permainan yang dapat diaplikasikan lewat komputer. Dengan menggunakan metode pembelajaran seperti ini, para siswa dapat lebih tertarik untuk belajar. Dalam skripsi ini akan dibahas tentang cara menciptakan aplikasi alat peraga matematika sederhana untuk tingkat dasar dengan menggunakan metode computer assisted instruction dibangun dengan memanfaatkan aplikasi macromedia flash 8.
Kata Kunci: Alat Peraga Matematika, Macromedia Flash 8, dan Computer Assisted Intruction
Penulis: Alpi Sahrin
Kode Jurnal: jptkomputerdd150439

Artikel Terkait :