Metodologi Pengujian Keamanan Jaringan VoIP

Abstract: Era Teknologi saat ini begitu cepat sekali berkembang, baik itu teknologi komputer mampun teknologi telekomunikasi. Konfergensi dari kedua teknologi tersebut akhirnya menetas teknologi Voice Over Internet Protocol (VoIP).
VoIP biasa disebut juga sebagai IP Telephony, Internet Telephony atau Digital Phone merupakan teknologi yang memungkinkan percakapan suara jarak jauh melalui media internet (IP). Data suara diubah menjadi kode digital dan dialirkan melalui jaringan yang mengirimkan paket-paket data dan bukan melalui sirkuit analog telepon biasa. Jadi VoIP itu adalah suara yang dikirim melalui Internet Protocol (IP).
Pada era saat ini banyak sekali perusahaan-perusahaan mempergunakan layanan VoIP sebagai sarana komunikasi dengan alasan biaya komunikasi yang dilakukan sangat relatif tidak mahal sehingga memangkas biaya tagihan telephone.
Ketika layanan VoIP diimplementasikan, seharusnya pihak perusahaan melakukan pengujian terhadap jalur VoIP yang dipergunakan agar benar-benar privasi perusahaan terjaga. Untuk melakukan pengujian terhadap jalur VoIP maka diperlukan pengujian mempergunakan suatu metoda yaitu : VoIP Hacking Metodologi, metoda tersebut akan memastikan bahwa jalur VoIP yang dipergunakan aman atau tidak.
Keywords: Pengujian keamanan, jaringan VoIP
Penulis: Hero Suhartono
Kode Jurnal: jptkomputerdd140304

Artikel Terkait :