Analisis Usabilitas pada Permainan 'The Zoo' Berbasis Kinect
Abstract: Interaksi manusia
dan komputer merupakan komunikasi dua arah antara pengguna dengan sistem
komputer yang saling mendukung untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Kinect
menghadirkan pengalaman interaksi baru dalam dunia permainan karena pemain
menggunakan anggota tubuh dalam mengoperasikan permainan. Permainan ‘The Zoo’
adalah permainan edukasi berbasis Kinect yang memperkenalkan beberapa kosakata
hewan dalam Bahasa Inggris.
Usabilitas suatu produk merupakan kunci agar produk tersebut selalu
digunakan. Untuk memudahkan anak dalam menggunakan permainan ‘The Zoo’,
digunakan perancangan antarmuka dengan metode ragam dialog manipulasi langsung.
Metode penelitian dilakukan dengan metode kuesioner yang kemudian dari
hasil kuesioner tersebut diolah menggunakan skala Likert sehingga dapat
disimpulkan antarmuka permainan ‘The Zoo’ telah sesuai dengan Teori Jakob
Nielsen. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan hasil pengujian usabilitas
permainan ‘The Zoo’ yaitu aspek Learnability sebesar 78.7%, aspek Efficiency
sebesar 77.3%, aspek Memorability sebesar 89.5%, aspek Errors sebesar 80.7% dan
aspek Satisfaction sebesar 80%.
Penulis: Feby Adhi Putra,
Kodrat Iman Satoto, Kurniawan Teguh Martono
Kode Jurnal: jptkomputerdd130296