Rancang Bangun Sistem Informasi Monitoring Sertifikasi Pegawai Berbasis Web pada PT PLN (Persero) Wilayah Kalimantan Barat

Abstract: Ketersediaan tenaga kerja yang kompeten di setiap bidang yang dibuktikan dengan memiliki sertifikasi kompetensi yang kredibel merupakan salah satu persyaratan bagi banyak perusahaan, baik di lingkup nasional maupun internasional. Salah satu perusahaan nasional yang mengharuskan pegawainya memiliki sertifikasi kompetensi adalah perusahaan PT PLN (Persero) Wilayah Kalimantan Barat. Pelaksanaan Sertifikasi Kompetensi di PT PLN (Persero) Wilayah Kalimantan Barat membutuhkan sistem informasi berbasis web yang dapat memonitoring dan mengolah data sertifikasi kompetensi pegawai pada PT PLN (Persero) Wilayah Kalimantan Barat.
Sistem informasi monitoring sertifikasi pegawai berbasis web ini dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan database MySQL sebagai penyimpanan data terkait sertifikasi. Pelaksanaan monitoring sertifikasi meliputi pengurusan penjadwalan, pemilihan, monitoring pemilihan, persetujuan, penginputan hasil, dan monitoring sertifikasi kompetensi pegawai. Pemantauan hasil pelaksanaan sertifikasi berupa rekap data maupun berupa chart atau grafik yang dapat menampilkan monitoring pencapaian dalam bentuk persentase hasil pelaksanaan sertifikasi kompetensi. Dengan demikian, sistem yang dibangun dapat memperbaiki permasalahan input dan output pada proses monitoring sertifikasi kompetensi pegawai bisnis inti di lingkungan PT PLN (Persero) Wilayah Kalimantan Barat.
Kata Kunci: Monitoring, Sertifikasi Kompetensi, Bisnis Inti, PHP, MySQL
Penulis: Wagimin op, Helfi Nasution, Novi Safriadi
Kode Jurnal: jptinformatikadd170010

Artikel Terkait :