RANCANG BANGUN ROLE-PLAYING GAME PERISTIWA PATRIOTIK MERAH PUTIH 14 FEBRUARI 1946 DI SULAWESI UTARA

ABSTRACT: Game merupakan salah satu aplikasi kategori hiburan yang populer di aplikasi mobile saat ini. Dengan menggunakan media game, secara tidak langsung pengguna mengetahui isi informasi yang diberikan oleh pembuat game. Banyak peristiwa sejarah yang tidak diperkenalkan pada saat pelajaran sekolah seperti peristiwa patriotik merah putih 14 februari 1946. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan sebuah game yang bertujuan mengenalkan sejarah peristiwa patriotik 14 februari 1946 di Sulawesi Utara, aplikasi game ini diberi nama “Hero Celebes”. Game ini mempunyai genre role-playing dibangun menggunakan metode perancangan Player-Centric Game Design. Metode perancangan yang digunakan memiliki 3 tahap pembuatan yaitu: Tahap Konsep, Tahap Elaborasi, Dan Tahap Tuning. Pembuatan aplikasi game ini menggunakan UNITY3D 5.3 sebagai game engine dikarenakan aplikasi ini dapat digunakan tanpa harus membayar (gratis). Berdasarkan penelitian ini dapat diketahui bahwa media game bisa digunakan untuk menyampaikan informasi peristiwa sejarah kepada masyarakat.
Kata kunci: Game, Game Engine, Peristiwa Patriotik merah putih 14 Februari 1946 di Sulawesi Utara, Player-Centric Game Design, Role-Playing Game, UNITY3D
Penulis: Octavianus Elricth Waters Modami, Rizal Sengkey, virginia tulenan
Kode Jurnal: jptinformatikadd170115

Artikel Terkait :