RANCANG BANGUN GAME EDUKASI BERBASIS ANDROID TEBAK LAGU NUSANTARA: SENARA
Abstract: Game telah menjadi
sebuah sarana hiburan yang paling banyak diminati masyarakat dari yang muda
sampai yang tua belakangan ini. Inilah salah satu faktor yang mendorong banyak
pengembang game berinovasi dengan produk-produk game yang menyasar para
peminatnya. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan kontribusi dalam dunia
game, khususnya game yang bersifat edukatif. Sisi edukatif dalam game ini
berupa pelestarian lagu-lagu nusantara di Indonesia. Kumpulan lagu-lagu
tersebut diambil dari kekayaan pulau-pulau di Indonesia. Dalam game ini pemain
dapat menikmati lagu-lagu daerah sekaligus menambah pengetahuan dengan menebak
nada yang didengar dengan judul lagu yang sesuai. Skor akan didapatkan
berdasarkan jumlah tebakan lagu yang benar. Metode penelitian yang digunakan
dalam penelitian ini diantaranya adalah metode analisis yaitu dengan
menggunakan teknik pengambilan data melalui studi literatur dengan melakukan
pencarian data melalui bukubuku teks ataupun sumber lainnya dan perbandingan
game dengan game sejenis. Hasil yang dicapai dari penelitian ini ialah
terselesaikanya pembuatan aplikasi game edukasi berbasis Android Tebak Lagu
Nusantara : “Senara” menggunakan Adobe Flash. Game edukasi “Senara” berbasis
Android ini diharapkan dapat menanamkan wawasan cinta tanah air dan kebudayaan
daerah Indonesia.
Penulis: Setiawan, Indah Fitri
Astuti, Dyna Marisa Khairina
Kode Jurnal: jptinformatikadd140569