RANCANG BANGUN APLIKASI PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS UNTUK ANAK-ANAK MENGGUNAKAN TEKNOLOGI KINECT
Abstrak: Bahasa Inggris
merupakan Bahasa Internasional yang harus dikenalkan sejak usia dini pada
anakanak. Pengenalan Bahasa Inggris pada anakanak harus dilakukan dengan cara
yang menyenangkan, salah satunya adalah dengan menggunakan aplikasi
pembelajaran yang dilengkapi dengan permainan. Anakanak pada umumnya senang
bermain dan bergerak, karena pada usia anakanak, kemampuan kognitif dan
motorik berkembang secara bersamaan. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat
Aplikasi Pembelajaran Bahasa Inggris yang melibatkan aktivitas motorik.
Aplikasi ini dijalankan dengan menggunakan sensor Kinect dan menggunakan Algoritma
FisherYates Shuffle untuk pengacakan soal pada permainan.Hasil pengujian yang
telah dilakukan pada anakanak sekolah dasar menunjukkan bahwa Aplikasi
Pembelajaran yang melibatkan aktivitas motorik dinilai baik oleh anakanak
dengan tingkat kepuasan hingga 80%. Dengan demikian, Aplikasi ini dapat
digunakan sebagai alternatif media pengenalan Bahasa Inggris pada anakanak
dengan permainan yang melibatkan aktivitas motorik.
Penulis: Azkia Nury Farizah,
Mungki Astiningrum
Kode Jurnal: jptinformatikadd161017