RANCANG BANGUN APLIKASI MOBILE LEARNING ANAK SEKOLAH MINGGU DENGAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID
ABSTRACT: Sekolah Minggu
merupakan kegiatan Gereja untuk menjangkau dan membawa setiap orang kepada
Tuhan Yesus serta mengajarkan Alkitab untuk mengarahkan kehidupan agar dapat
semakin serupa dengan Kristus. Masalah yang dihadapi oleh Guru Sekolah
Minggu (GSM) dalam menyajikan cerita
adalah terkadang kekurangan alat peraga. Karena itu dibuatlah sebuah aplikasi
mobile learning (m-learning) yang merupakan sebuah media pembelajaran dengan
menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk membantu proses menyajikan
cerita Alkitab. Agar dapat diakses dengan mudah maka aplikasi dibuat berbasis
android dan memanfaatkan teknologi Augmented Reality (AR) yang memungkinkan
kita untuk menambahkan visualisasi berupa animasi tiga dimensi dengan bantuan
image target yang ada sehingga aplikasi dapat dijadikan sebagai alat peraga
digital menarik, menyenangkan, mudah diterima dan dipahami untuk anak-anak.
Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah metodologi Rapid
Application Development (RAD).
Penelitian ini menghasilkan sebuah aplikasi Marble (Magic Augmented
Reality Bible) yang dapat membantu Guru Sekolah Minggu dalam memperkenalkan
hewan ciptaan Tuhan sesuai dengan pengelompokkan hewan tersebut yang tertulis
dalam Kitab Kejadian 1 :20-25 serta membantu Anak Sekolah Minggu dalam mengenal
hewan yang telah diciptakan Tuhan.
Penulis: Sheila Claudy Riady
Riady, Steven Sentinuwo, Stanley Karouw
Kode Jurnal: jptinformatikadd160340