Perancangan Sistem Informasi Akademik Sekolah Berbasis Web (Studi Kasus SMPK Harapan Denpasar)

Abstract: Sistem Informasi Manajemen Akademik Sekolah merupakan system informasi yang bertujuan untuk membantu sekolah dalam mengatasi permasalahan-permasalahan yang dihadapi dalam melakukan pengolahan data yang berkaitan dengan akademik sekolah. Sistem dibangun dengan teknologi berbasis web, database server MySQL, dan menggunakan bahasa pemrograman C# yang digunakan dalam framework ASP.NET.
Sistem ini dapat diakses secara bersamaan oleh beberapa pengguna melalui jaringan local sekolah, dimana setiap pengguna dalam system ini memiliki otoritas yang berbeda-beda yang diatur sesuai dengan group user sehingga sistem dapat membatasi pengguna untuk mengakses halaman tertentu. Sistem ini membuat perhitungan nilai rapor yang dihitung secara manual dengan menggunakan rumus : (Tugas x 15%) + (Ulangan 1 x 25%) + (Ulangan 2 x 25%) + (Ulangan umum x 35%).
Sistem Informasi Manajemen Akademik Sekolah yang dirancang dalam penelitian ini, mampu menangani data penerimaan siswa baru, siswa, orang tua siswa, guru, pembagian kelas, mata pelajaran, nilai siswa, absensi siswa serta pembuatan laporan mengenai hasil seleksi siswa baru, data identitas siswa, data alumni, data orang tua siswa, absensi siswa, hasil pembagian kelas, nilai ulangan harian dan tugas, nilai ulangan umum dan ujian, nilai rapor tiap mata pelajaran, nilai rapor tiap siswa dan data statistik siswa.
Kata Kunci: sistem informasi, akademik sekolah, asp.net, aplikasi web
Penulis: Agus Tommy Adi Prawira Kusuma
Kode Jurnal: jptinformatikadd150950

Artikel Terkait :