Penerapan Algoritma Negamax dan Alpha Beta Pruning pada Permainan Othello

Abstrak: Permainan merupakan sarana bermain yang menjadi hiburan untuk mengisi waktu luang bagi banyak orang. Salah satunya adalah permainan Othello yang merupakan permainan papan klasik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menerapkan Algoritma Negamax dan Algoritma Alpha Beta Pruning pada permainan Othello sebagai lawan dari pemain, serta sejauh mana waktu yang dibutuhkan oleh lawan dengan menggunakan algoritma tersebut. Dengan kedua Algoritma tersebut kepandaian dalam mengambil strategi oleh komputer dalam permainan dapat dihitung waktu tenggangnya saat memberikan solusi melawan pemain. permainan ini dibuat dengan menggunakan framework Phonegap. Kecerdasan buatan akan tampak saat algoritma tersebut digunakan untuk proses. Identifikasi alur kerja dari Algoritma Negamax dan Alpha Beta Pruning memberikan gambaran akan waktu yang dibutuhkan oleh komputer dalam berinteraksi dengan pemain. Pengembangan sistem menggunakan prototyping. Hasil pengujian penerapan Algoritma Negamax dan Algoritma Alpha Beta Pruning pada permainan “Othello” terbukti membantu mempercepat Algoritma Negamax
Kata kunci: Othello, Algoritma Negamax, Algoritma Alpha Beta Pruning, Phonegap
Penulis: William, Regiza Giovanno, Daniel Udjulawa
Kode Jurnal: jptinformatikadd160252

Artikel Terkait :