Penerapan Algoritma Minimax Pada Game Macan-macanan
Abstrak: Banyak sekali
permainan-permainan tradisional namun sekarang permainan tersebut mulai
ditinggalkan. Banyak permainan digantikan dengan permainan modern produk
teknologi. Game modern menjadi lebih praktis karena tak memerlukan tanah lapang
dan banyak teman. Cukup sendirian di depan layar pun seseorang bisa terjun
dalam permainan yang mengasyikkan. Salah satu upaya untuk melestarikan serta
menyebarluaskan permainan tradisional salah satunya adalah macan-macanan ini adalah
dengan mengadaptasi permainan tersebut menjadi game komputer. Penelitian ini
bertujuan untuk menerapkan kecerdasan buatan dengan menggunakan algoritma
minimax serta bahasa pemrograman ActionScript 3 pada permainanmacan-macanan
dengan metode penelitian adalah prototyping. Perancangan yang digunakan dalam
penelitian ini adalah pendekatan kecerdasan buatan untuk merepresentasikan
keadaan, ilmu pengetahuan interaksi manusia dan komputer untuk perancangan user
experience, serta UML untuk perancangan berbasis objek. Hasil dari penelitian
ini adalah bahwa untuk menentukan nilai evaluasi algoritma minimax untuk node
akhir / terminal state pada permainan macan-macanan, diperlukan perhitungan
terhadap total langkah valid untuk setiap bidak, serta untuk bidak macan,
diperlukan perhitungan loncatan dengan nilai yang lebih tinggi dan perbedaan
bobot sesuai tipe bidak.
Penulis: Kartika Imam Santoso,
Farida Yunita, Nafi Projo Kusumo
Kode Jurnal: jptinformatikadd160412