Kombinasi Algoritma Genetika dengan Algoritma Palgunadi untuk Penjadwalan Mata Kuliah di Universitas Sebelas Maret

Abstract: Proses penjadwalan mata kuliah menjadi kegiatan sangat penting bagi kegiatan belajar mengajar dalam universitas, karena dengan penjadwalan baik dapat menghasilkan kegiatan belajar mengajar baik pula. Permasalahan penjadwalan mata kuliah universitas telah mendapatkan banyak perhatian dari peneliti. Terdapat beberapa metode untuk memecahkan masalah penjadwalan dan menghasilkan jadwal yang optimum, seperti algoritma genetika dan algoritma Palgunadi.
Pada penelitian ini diusulkan pendekatan baru dengan mengkombinasi algoritma genetika dengan algoritma Palgunadi. Pendekatan ini bertujuan untuk memperbaiki kelemahan-kelemahan algoritma genetika dan mempercepat proses algoritma genetika untuk menyelesaikan masalah penjadwalan mata kuliah di Universitas Sebelas Maret Surakarta.  Studi kasus yang diambil pada penelitian ini adalah pada Jurusan Informatika dan Fisika di Universitas Sebelas Maret Surakarta, dengan data penjadwalan semester genap periode februari-juli 2013.
Dari hasil percobaan algoritma tersebut, disimpulkan bahwa kombinasi algoritma genetika dengan algoritma Palgunadi berhasil memperbaiki kelemahan algoritma genetika dengan secara signifikan mengurangi pelanggaran batasan dan mempersingkat waktu prosesnya.
Keywords: Penjadwalan Mata Kuliah,Algoritma Genetika, Algoritma Palgunadi, Kombinasi
Penulis: Teno Siswono, Sarngadi Palgunadi, Afrizal Doewes
Kode Jurnal: jptinformatikadd130401

Artikel Terkait :