Implementasi Algoritma Fisher-Yates Dan Fuzzy Tsukamoto Dalam Game Kuis Tebak Nada Sunda Berbasis Android
Abstrak: Titi laras merupakan
tangga nada yang digunakan pada jenis alat musik karawitan (gamelan) yang
merupakan salah satu seni kebudayaan Jawa Barat. Karena kesenian merupakan
salah satu unsur budaya yang bersifat universal, maka kesenian tersebut perlu
dilestarikan.Fisher-Yates merupakan teknik pengacakan pada soal sehingga soal
yang keluar akan berbeda dan bisa dihasilkan tanpa pengulangan dan duplikasi.
Fuzzy Tsukamoto merupakan metode yang digunakan dalam pengambilan keputusan
untuk menentukan skor pada akhir kuis. Untuk menentukan berapa nilai tertinggi
dalam kuis adalah dengan cara menghitung x ꞊ waktu dan x ꞊ nilai, proses perhitungan dilakukan dengan cara menghitung
variabel-varibel Fuzzy Logic yang telah ditentukan. Dari penelitian ini dapat
ditemukan bahwa Fisher-Yates mampu menentukan solusi pengacakan yang tidak
berganda dan pengacakan objek yang variatif. Fuzzy Tsukamoto memiliki akurasi
yang cukup baik antara perhitungan
berdasarkan sistem dan perhitungan secara manual, meskipun tidak menunjukan
hasil yang 100% sama pada masing-masing perhitungan. Rentan nilai antara
perhitungan sistem dengan perhitungan manual mempunyai rentan yang berbeda pada
setiap nilainnya.
Penulis: Imam Haditama, Cepy
Slamet, Deny Fauzy
Kode Jurnal: jptinformatikadd161061