GAME EDUKASI MEMILIH SAMPAH BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN ALGORITMA A-STAR (A*)
Abstrak: Kebersihan merupakan
hal yang paling utama dalam kehidupan manusia bahkan tidak bisa dipisahkan dan
merupakan unsur fundamental dalam ilmu kesehatan. Tanggungjawab akan kebersihan
merupakan hak bagi setiap manusia dan menjadi kewajiban dalam kehidupan
bermasyarakat. Ajakan dan peringatan akan menjaga kebersihan yang terdapat
didinding pintu, pinggir jalan yang berbentuk baleho bahkan dijadikan sebuah
event dalam 17 agustusan (lomba kampung sehat dan bersih). Kesadaran akan
kebersihan harus ditanamkan sejak dini untuk membiasakan hidup selalu bersih,
hal ini sudah dilakukan oleh lembaga, instansi bahkan pemerintah pun memberikan
sangsi bagi pelanggarnya oleh karena itu pemahaman akan jenis sampah perlu
ditanamkan sejak dini.
Game pada intinya adalah sebuah interaktif, aktivitas yang berpusat pada
sebuah pencapaian, ada pelaku aktif (player), ada pelaku pasif (NPC). Jenis
sampah yang akan digunakan dalam game edukasi hanya pada sampah organik dan
anorganik. Algoritma A-Star (A*) merupakan salah satu dari heuristic search
yaitu untuk mencari estimasi jalur dengan cost terkecil dari node awal ke node
berikutnya sampai mencapai node tujuan. Algoritma A* memiliki suatu fungsi yang
didenotasikan dengan f(x) untuk menetapkan estimasi cost yang terkecil dari
jalur yang dilalui node x.
Penulis: Mohammad Ahsan, Irfan
Faud
Kode Jurnal: jptinformatikadd161072