APLIKASI WATERMARKING DENGAN METODE LEAST SIGNIFICANT BIT MENGGUNAKAN MATLAB
Abstract: Watermarking sebagai
salah satu cabang dari ilmu steganography yang merupakan teknik penyisipan data
atau informasi yang bersifat rahasia ke dalam media data digital
lainnya.Watermarking merupakan salah satu solusi untuk melindungi hak cipta
yang merupakan suatu teknik penyisipan (embedding) informasi ke dalam media
data digital seperti citra, teks, audio dan video secara rahasia.Pada penulisan
ilmiah ini dibuat suatu aplikasi watermarking menggunakan metode Least
Significant Bit (LSB).Tahapan yang dilakukan untuk membuat aplikasi ini adalah
melakukan analisa kebutuhan aplikasi, perancangan menggunakan UML dan struktur
navigasi, serta pembuatan aplikasi dan pengkodean mengunakan MATLAB
R2010a.Hasil uji coba aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk menyisipkan
watermark ke dalam gambar digital yang dapat berupa teks maupun gambar untuk
mengamankan gambar digital. Pada gambar digital yang berekstensi .png dan .bmp
metode Least Significant Bit (LSB) yang dalam proses watermarking tidak membuat
adanya perbedaan yang signifikan antara ukuran gambar asli dengan ukuran gambar
yang dihasilkan, sedangkan pada gambar asli yang berekstensi .jpg proses
watermarking membuat perubahan ukuran yang signifikan karena adanya perubahan
ekstensi pada hasil gambar.
Penulis: Berdianto Widyastomo
Anggoro Putro, Febriani Febriani
Kode Jurnal: jptinformatikadd160522