ANALISIS DAN PEMBUATAN RIGGING KARAKTER 3D PADA ANIMASI 3D “JANGAN BOHONG DONG”
Abstract: Dalam pembuatan
animasi 3D terdapat proses yang disebut rigging. Rigging adalah metode
pemberian atau pemasangan tulang pada karakter animasi agar bisa digerakkan.
Tetapi jika dalam animasi 3D sebuah model karakter 3D tidak menggunakan
rigging, apakah model karakter 3D tersebut dapat digerakkan dan dapat membuat
sebuah gerakan. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi karakter 3D yang
menggunakan rigging dan tidak menggunakan rigging. Untuk itu dibuatlah
penelitian pada karakter 3D yang menggunakan rigging dan tidak menggunakan
rigging. Penelitian ini menggunakan sepuluh karakter dan beberapa gerakan
sebagai bahan pengujian. Metode pengujian yang digunakan terdiri dari jumlah
keyframe yang dipakai dalam membuat sebuah gerakan, jumlah objek yang diberikan
keyframe dan waktu yang dibutuhkan dalam membuat sebuah gerakan. Hasil dari
pengujian membuktikan bahwa karakter yang menggunakan rigging dapat membuat
proses animating menjadi lebih efektif.
Penulis: Aski Satriawan, Meyti
Eka Apriyani
Kode Jurnal: jptinformatikadd160434
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjGj4FQv1aMKKBVC4_mesGV_ZBAKWTejNaV2HxifdICn1Si6-Cbih_Nn3RHQNCq1oxvhyRv2U9yPX6t4k-PCOSIkqYXB__v7DbFjwnVn73zgsW72l7sqKX5dvQ2XVxnqcLrw2CvPzs63oA/s320/E+JURNAL.gif)